Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahathir Mohamad Dirikan Partai untuk Melayu dan Pribumi Malaysia

  • Oleh Teras.id
  • 08 Agustus 2020 - 17:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membentuk partai baru untuk menjadi wadah untuk orang Melayu dan pribumi Malaysia.

Mahathir, 95 tahun mengatakan, partai-partai Melayu dan pribumi yang sekarang ada telah menggadaikan marwah bangsa, agama, dan alat tuju perjuangan kepada golongan orang yang gila kekuasaan.

"Partai kami ini akan bersifat inklusif dan modern," kata Mahathir dalam pernyataan pers sebagaimana dilaporkan The Star, 8 Agustus 2020.

Mahathir menjelaskan, nama partai ini belum resmi ada, namun untk sementara diberi nama partai bebas atau partai independen yang berjuang untuk memberangus korupsi.

Mahathir menyebut Partai Pribumi Bersatu Malaysia telah membajak perjuangan Melayu dan pribumi dalam memberangus korupsi.

Partai Pribumi Bersatu Malaysia merupakan partai berkuasa yang dipimpin Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Pembentukan partai bebas ini sesaat setelah Pengadilan Tinggi menolak gugatan Mahathir dan lima orang lainnya atas pembatalan keanggotaan Partai Pribumi Bersatu Malaysia.

Mahathir menegaskan, partai barunya ini tidak akan menjadi bagian dari partai oposisi dari aliansi partai Pakatan Harapan, oposisi di bawah pimpinan Anwar Ibrahim, maupun Perikatan Nasional, aliansi Barisan Nasional yang di dalamnya termasuk Partai Pribumi Bersatu Malaysia.

Mahathir membantah dirinya telah keluar dari aliansi Pakatan dengan pembentukan partai baru ini.

"Kami tidak berpisah dari siapapun. Kami membebaskan diri dari semua orang. Kmai ingin bekerja dengan Pakatan tetapi kami memiliki beberapa masalah dengan partai terbesar di Pakatan," ujarnya.

TERAS.ID

Berita Terbaru