Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien Suspek Covid-19 Barito Timur Terus Meningkat, Ini Sebabnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Agustus 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pasien suspek covid-19 Kabupaten Barito Timur terus meningkat sejak tersedianya tempat isolasi khusus pada eks kantor dinas kesehatan.

Suspek covid-19 adalah orang yang diduga kuat terjangkit infeksi covid-19 karena pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif dan menunjukkan gejala terinfeksi. Sebelum diganti dengan sebutan suspek, orang dengan status tersebut disebut PDP.

Hingga hari ini total pasien suspek yang dirawat sebanyak 27 orang.

"Semua diisolasi di eks kantor dinas pertanian," ungkap Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur Simon Biring, via pesan Whatsapp, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Dia menjelaskan sejak tersedianya tempat isolasi, semua kontak erat pasien positif covid-19 yang hasil rapid testnya reaktif maupun yang menunjukkan gejala, langsung diisolasi pada tempat isolasi tersebut untuk menghindari penularan yang lebih luas.


"Kami optimis dengan masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan serta tersedianya tempat isolasi ini, kita dapat menekan penyebaran covid-19 di Barito Timur," imbuhnya.

Meski kasus suspek terus mengalami peningkatan, namun sejak 6 hari lalu tidak ada penambahan kasus positif covid-19 baru.

Diketahui, Total akumulasi pasien positif covid-19 Barito Timur berjumlah 50 orang. Dari jumlah itu, 30 orang dinyatakan sembuh, 19 orang masih dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia saat dalam perawatan di Palangka Raya. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru