Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpolair Polres Kobar SosialisasiSetop Illegal Fishing AjakMasyarakat Lestarikan Lingkungan Air

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Agustus 2020 - 22:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan air, Personel Satpolair Polres Kobar sosialisasi pada masyarakat "Setop Illegal Fishing” di DAS Kecamatan Kumai pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Sosialisasi yang digelar pada salah satu perahu nelayan ini, dimaksudkan agar masyarakat dapat turut serta mengambil peran, dalam menjaga kelestarian ligkungan khususnya diperairan.

Aipda Andi Pakili salah satu personel Satpolair Polres Kobar mengatakan, bahwa dalam melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Sebab jika muncul masalah maka itu adalah masalah bersama dan tanggungawab bersama.

“Kita semua adalah bagian dari masyarakat yang memiliki peran dalam melestarikan air dan lingkungan. Kita tidak bisa menyerahkan semua tanggung jawab ke satu pihak saja, karena masalah air adalah masalah kita semua. Oleh karena itulah kita juga wajib turut serta dalam usaha pelestarian," ujarnya.

Lanjutnya, adapun salah satu cara pelestarian lingkungan air adalah dengan cara tidak menangkap ikan menggunakan pukat atau trawl, setrum, racun dan bom ikan, karena dapat merusak kelangsungan hidup biota air lainnya.


Pihaknya juga mengajak seluruh nelayan dan masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Kumai untuk berperan aktif menjaga kelestarian ekosistem perairan.

"Peran serta masyarakat juga sangat tergantung demi pelestarian lingkungan air, mari kita jaga bersama agar biota air dapat berkembang dengan baik. Sehingga dapat diwariskan untuk anak cucu kita yang akan datang," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru