Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD: Atasi Banjir Tidak Cukup Pembenahan Drainase Induk

  • Oleh Naco
  • 09 Agustus 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Kurniawan Anwar menyebutkan, pembenahan drainase di permukiman warga sangat diperlukan untuk mencegah banjir saat hujan deras.

Dengan begitu, tidak cukup hanya sekadar pembenahan pada drainase induk saja , tetapi drainase di permukiman juga perlu diperhatikan.

“Drainase dipemukiman warga sangat penting diperhatikan, karena di situ sebenarnya tempat yang kerap muncul masalah banjir ketika curah hujan tinggi. Sementara drainase tidak normal,” katanya, Minggu, 9 Agustus 2020.

Seperti yang dikeluhkan oleh warga Kelurahan MB.Hulu, Kecamatan MB. Ketapang Komplek Papabri Jalan Suli Jalur 2 Sampit. 

Banjir terjadi akibat drainase tidak mampu menampung debit air yang tinggi sehingga meluap ke permukaan badan jalan sampai masuk ke permukiman warga .

Ancaman banjir juga ada di pusat Kota Sampit, meski dengan skala berbeda. Banyak warga yang mengeluhkan permukiman mereka sering banjir akibat drainase yang ada sudah tidak mampu menampung dan menyalurkan air secara maksimal saat hujan deras sehingga air meluber ke jalan maupun pekarangan rumah. 

Kondisi itu sebagian bukan karena disebabkan oleh drainase yang tersumbat, tetapi karena kapasitas dan daya dukung drainase yang sudah tidak sebanding dengan kondisi saat ini. 

Kurniawan sudah beberapa kali turun meninjau langsung kawasan yang dilaporkan sering terjadi banjir. Warga antusias menjelaskan kondisi banjir saat hujan deras yang mereka alami. 

Masalah ini juga sudah disampaikan kepada pemerintah kabupaten saat rapat kerja. Pembenahan drainase di kawasan permukiman dinilai perlu dilakukan untuk membebaskan permukiman dari ancaman banjir. 

Saluran drainase perlu dibenahi dengan mengukur drainase agar diketahui berapa banyak titik yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar saluran drainase berfungsi maksimal. (NACO/B-7)

Berita Terbaru