Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Bawaslu RI Sambangi Kapuas, Ini yang Dilakukan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Agustus 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Abhan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah pada Minggu, 9 Agustus 2020.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Kapuas itu, dia didampingi jajaran Bawaslu Kalimantan Tengah dan disambut jajaran Bawaslu Kabupaten Kapuas di kantor setempat.

Abhan mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk memastikan pengawasan tahapan pencocokan dan penilitian atau Coklit Pilkada Serentak 2020 yang saat ini tengah dilakukan.

"Kami memastikan kawan kawan ini ditahap awal, untuk bisa melakukan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing," kata Abhan, Minggu, 9 Agustus 2020.

Menurut dia Kalteng ini merupakan diantara 9 daerah yang melaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur. Dalam Pilkada Kabupaten Kapuas ini dari 14 Kabupaten kota di Kalteng memiliki DPT tertinggi.

"Karena dari tahapan Coklit ini yang selanjutnya menjadi Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Ini proses yang harus diawasi. Mulai dari Coklit itulah harus betul menyusun data pemilih yang betul dan valid. Sehingga DPT nantinya tidak lagi menjadi masalah," tuturnya.

Abhan menyebutkan bahwa sering dalam kontestasi pelaksanaan Pilkada  DPT menjadi persoalan. "Karena sering dalam pelaksanaan Pilkada ada calon yang tidak puas dan mengajukan sengketa hasil, biasanya salah satunya itu adalah persoalan DPT, maka di sinilah pentingnya pengawas hadir untuk mengawasi Coklit," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru