Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gempa Terasa Hingga Jakarta Ternyata Bersumber di Bogor

  • Oleh Teras.id
  • 10 Agustus 2020 - 04:00 WIB

TEMPO.CO, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah mendapatkan sebagian hasil analisa atas gempa yang mengguncang Cianjur dan Bogor, dan terasa sampai Jakarta, pada Minggu malam, 9 Agustus 2020. Gempa yang terukur berkekuatan 3,5 Magnitudo itu ternyata berpusat di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, pusat atau episenter gempa terletak pada koordinat 6,63 LS dan 107,02 BT. “Tepatnya di Desa Wargajaya, terletak di kawasan pegunungan di sebelah timur Kota Bogor,” katanya lewat keterangan tertulis, Minggu malam 9 Agustus 2020.

Sebelumnya BMKG menginformasikan kalau  gempa yang terjadi pukul 18.52 WIB itu memiliki sumber berjarak sekitar 25 kilometer arah barat laut Kabupaten Cianjur. Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman sumber 10 kilometer.

BMKG menyebutnya dengan istilah gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal yang aktif. Tapi, Daryono menambahkan, “Nama sesar, panjang, dan arahnya belum dikenali.”

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat getarannya dirasakan di wilayah Bogor dan Cianjur utara. Skala intensitasnya III MMI. Guncangan gempa dirasakan warga seakan ada truk berlalu.

Gempa ini juga dirasakan lemah di wilayah Depok dan sebagian Jakarta dalam skala Intensitas II MMI. Guncangannya dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. (TERAS.ID)

Berita Terbaru