Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sketsa Karya PM Selandia Baru Jacinda Ardern Laku Rp 174 Juta

  • Oleh Teras.id
  • 10 Agustus 2020 - 10:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Gambar sketsa karya Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terjual dengan harga NZ$ 18.050 atau sekitar Rp 174,4 juta.

Sketsa yang diberi nama "The Political Cycle" atau Siklus Politik, terjual pada penutupan lelang Ahad sore dan telah dilelang di Trade Me selama seminggu terakhir. Sketsa berbingkai itu bergambar semacam tornado bergaris putih di atas kertas hitam.

Sketsa itu telah dilihat 33.000 kali dan 782 orang menambahkannya ke daftar pantauan mereka sebelum ditutup pada pukul 8 malam, menurut Stuff.co.nz, 9 Agustus 2020.

Ardern menyumbangkan gambar itu ke Koru Care NZ, sebuah badan amal yang berbasis di St Heliers, Auckland. Pada Minggu malam, manajer kantor Koru Care NZ, Tracey Curran, mengatakan dia berterima kasih atas sumbangan itu.

"Sungguh menakjubkan, saya tidak pernah menyangka akan mencapai NZ$ 10.000 apalagi NZ$ 18.000," kata Curran.

Koru Care NZ biasanya membawa anak-anak yang sakit atau penyandang cacat liburan ke tempat-tempat seperti Australia dan Amerika Serikat, tetapi tahun ini ditunda karena pandemi virus corona.

Penggalangan dana sulit untuk amal dan uang yang dikumpulkan dari penjualan sketsa akan digunakan untuk membawa anak-anak untuk liburan di Selandia Baru.

"Biasanya hal ini terjadi pada organisasi besar dan berjalan sesuai keinginan kami...kami sangat senang dan ini berarti kami dapat membawa lebih banyak anak dalam perjalanan atau melakukan lebih banyak perjalanan," ujar Curran.

Ini adalah jumlah uang terbesar yang dilihat badan amal dari lelang. Curran mengatakan dia berencana untuk mengirimkan sketsa itu kepada pemenang untuk berterima kasih kepada mereka secara langsung.

Juru bicara Trade Me, Ruby Topzand, mengatakan lelang tersebut mendapat 220 tawaran. Anggota ivhp dari ptiki memenangkan sketsa tersebut setelah harganya naik dari NZ$ 17.950 (Rp 173,5 juta) menjadi NZ$ 18.050 (Rp 174,4 juta), katanya.

"Dengan lebih dari 33.400 penonton, lelang ini lebih populer daripada sketsa Jacinda Ardern yang berjudul To Do List di 2018 yang membuat 10 daftar teratas kami yang paling banyak dilihat tahun ini dengan 25.700 penonton," kata Ruby Topzand.

"Apapun yang berhubungan dengan Perdana Menteri adalah "properti panas" saat ini, kami melihat sketsa dirinya dan Dr Ashley Bloomfield dijual seharga NZ$ 6.350 (Rp 61,3 juta) juga pada bulan Juli."

Trade Me yakin sketsa Ardern itu mungkin bisa menjadi salah satu daftar paling populer tahun ini, kata Ruby.

Jacinda Ardern sebelumnya pernah membuat sketsa yang berjudul To-Do List, dan menjadi salah satu daftar yang paling banyak dilihat pada 2018. Sketsa itu dijual NZ$ 2.500 (Rp 24 juta) dan didonasikan untuk yayasan Parent to Parent.

Jacinda Ardern bukan perdana menteri pertama yang karya seninya dilelang.

Karya John Key muncul di Trade Me beberapa kali selama menjabat sebagai perdana menteri Selandia Baru.

Pada 2010, gambar John Key tentang bendera Selandia Baru alternatif telah ditonton 132.000 kali dan dijual seharga NZ$ 10.150 (Rp 98 juta).

(TERAS.ID)

Berita Terbaru