Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Ketiga Napi Sabu Divonis 7,5 Tahun Penjara

  • Oleh Naco
  • 10 Agustus 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus ketiga narapidana (Napi) Lapas Sampit Saipul Rahman alias Ipul (42) dijatuhi vonis selama 7 tahun dan 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sampit yang diketuai oleh Muslim Setiawan.

Vonis itu lebih ringan atas tuntutan selama 10 tahun penjara jaksa Dewi Khartika pada sidang sebelumnya.

Perbuatan terdakwa dianggap melanggar Pasal 112 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Saya pikir-pikir dulu yang mulia," kata terdakwa, dan diberi waktu selama 7 hari oleh hakim untuk menegaskan sikapnya.

Selain itu juga terdakwa dijatuhi denda sebesar Rp 800 juta subsider 4 bulan penjara. Sementara tuntutan lalu terdakwa didenda sebesar Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara.

Hakim menilai dalam pertimbangannya memberatkan terdakwa sebelumnya sudah pernah dihukum sebanyak 2 kali atas kasus serupa dan perbuatannya ketiga dilakukan saat masih berstatus sebagai Napi Lapas Sampit.

Dalam fakta sidang, Senin, 10 Agustus 2020 terdakwa diamankan pada Senin, 9 Maret 2020 sekitar pukul 16.20 Wib di pos jaga tahanan Blok Wanita Lapas Kelas IIB Sampit, Jalan Lembaga, Kelurahan Sawahan, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Ditemukan sepaket sabu yang disembunyikan di sebuah botol. Sabu itu berasal dari rekannya dan diserahkan saat terdakwa sedang dibesuk. Rencananya sabu itu akan diserahkan kepada Susan.

Di mana Susan memesan sabu kepada terdakwa lantaran ingin menggunakan saat itu, namun belum sempat terdakwa diamankan. Susan sendiri merupakan kekasih napi yang sudah 3 kali berurusan dengan hukum ini. (NACO/B-5)

Berita Terbaru