Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Tahu Narkoba Namun Tidak Melapor, Dapat Dipidana

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Agustus 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat diharapkan peran sertanya dalam memberantas peredaran narkoba, dan bagi warga yang mengetahui adanya keberadaaan bahan narkotika namun tidak melaporkannya ke polisi dapat dipidana.

Hal ini disampaikan anggota Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Heru Karyono. Bahwasanya, orang yang mengetahui keberadaan narkoba tapi tidak melaporkan, bisa dihukum penjara. Pasal itu tercantum dalam Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Dalam Pasal 131 berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja tidak melaporkan adanya tindak pidana narkotika diancam hukuman maksimal 1 tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 50 juta," ujarnya, saat dikonfirmasi Borneonews, Senin, 10 Agustus 2020.

Disampaikannya, bahwa didalam narkotika ini tidak ada istilah bebas. Pasalnya rapat sekali. Bahkan biasanya majelis dalam menindak terdakwa tidak menggunakan denda, semua berakhir penjara.

"Tindak pidana Narkotika ini pasalnya rapat sekali, seperti kasus koruptot. Hal ini menunjukkan bagaimana keseriusan pemerintah dalam memberantas narkoba. Sehingga diperlukan peran aktif masyarakat," ungkapnya.


Heru Karyono, selama tahun 2020, kasus tentang adanya orang yang dengan sengaja tidak melaporkan adanya tindak pidana Narkotika, baru ada 1 kasus yang ditangani Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.

"Selama 6 bulan terakhir, kasus yang paling banyak ditangani PN Pangkalan Bun ialah masih kasus Narkoba jenis sabu," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru