Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Dinas Pertanian Kapuas Ambil Sampel Darah Sapi, Ini Tujuannya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Agustus 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kapuas melalui Bidang Peternakan melakukan pengambilan sampel serum, dan darah sapi di beberapa kecamatan yang ada di wilagah setempat.

Kepala Distan Kapuas, Anjono Bhakti melalui Kasi Kesehatan Hewan, drh Anik Ariswandani mengatakan kegiatan itu dilakukan bertujuan untuk mendeteksi dini sejumlah penyakit yang bisa menyerang sapi yang diternak warga.

"Iya, kegiatan sudah kami lakukan. Ini bertujuan untuk pemantauan penyakit jembrana yang biasa menyerang sapi ras bali atau yang banyak diternak oleh masyarakat," kata drh Anik kepada wartawan, Senin, 10 Agustus 2020.

Penyakit tersebut, lanjut dia bisa muncul dengan gejala nafsu makan turun, dan perdarahan di pori-pori kulit. Kemudian untuk memantau penyakit BVD (Bovine Viral Diarrhea) dengan gejala diare.

Selanjutnya juga untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit brucellosis dengab gejala sapi keguguran atau abortus, gangguan reroduksi dan bersifat zoonosis, yaitu penularan penyakit dari hewan ke manusia atau sebaliknya.


Dari sinilah, lanjut dia, sehingga bisa terus terpantau, dan ditindaklanjuti oleh pihaknya berkaitan dengan penyakit tersebut yang bisa menyerang sapi.

"Sampel kemudian dibawa untuk diperiksa di balai Veteriner Banjarbaru, dan nanti hasilnya akan dapat diketahui dan ditindklanjuti," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru