Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lokasi Lahan Pertanian Tanpa Bakar di Kecamatan Kahayan Hilir Disiapkan Jadi Desa Isen Mulang

  • Oleh James Donny
  • 10 Agustus 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kawasan lahan pertanian tanpa bakar di Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir dipersiapkan menjadi Desa Isen Mulang atau Desa pantang mundur ketahanan pangan.

Demikian dikatakan Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo, Senin, 10 Agustus 2020.

Widodo menjelaskan bahwa kriteria untuk menjadi Desa Isen Mulang tersebut ada tiga kriteria yang harus dimiliki. "Desa tersebut harus memiliki ketahanan pangan berupa pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya, semua ada kriteria ketahanan pangan, kemudian desa bebas covid-19, dan berikut desa bebas Karhutla," tuturnya. 

Adanya kawasan pertanian yang dibuka tanpa bakar di Desa Anjir Pulang Pisau menurut Kapolsek merupakan contoh bagi petani dan peladang bahwa tidak semua membuka lahan gambut selalu harus dilakukan dengan cara membakar. "Asal ada kemauan dan kerja keras seperti lahan milik Pak Jadak bisa menggarap lahan seluas 3 hektar tanpa bakar, semua pasti bisa," katanya. 

Pada lahan pertanian yang digarap oleh warga di WAD Duha tersebut telah memberikan hasil panen tanaman pangan yang cukup baik meski dilakukan tanpa hari membakar lahan dan hutan. 

"Hasil panen di lahan Pak Jadak diantaranya sudah dijual ke pasar Pulang Pisau dan ada juga warga yang langsung datang ke lokasi kebun untuk mendapatkan hasil yang dipanen," katanya. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru