Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow!! 19 Ribu Warga Kalteng Pakai Narkoba

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Agustus 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Penyalahgunaan obat-obatan terlarang di Provinsi Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan. Bahkan saat ini angka frekuensi indikasi warga yang memakai narkoba di Kalimantan Tengah mencapai 19 ribu orang.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional atau BNN Provinsi Kalimantan Tengah, Brigjend Pol Edi Swasono saat menghadiri penutupan rehabilitasi sosial narkotika dan pelatihan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan kusus Narkotika Kelas II A Kasongan, Senin, 10 Agustus 2020.

Menurutnya, jika dikalkulasikan dari jumlah pemakai 19 ribu itu, narkoba yang digunakan dalam sebulan sebanyak 3 hingga 6 kilogram sabu. "Ini adalah pangsa yang besar," sebut Kepala BNNP Kalteng, Brigjend Pol Edi Swasono.

Untuk itu dalam melakukan pencegahan peredaran narkoba, kata dia ada dua strategi besar. 

"Kita akan coba intersep terhadap suplai," tegasnya.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba adalah korban yang wajib untuk diobati bukan dipenjara yang terjadi saat ini.

Sebab pengguna narkoba adalah korban dan wajib disembuhkan.

Acara penutupan rehabilitasi sosial narkotika dan pelatihan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan kusus Narkotika Kelas II A Kasongan ini juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham Djaya dan Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru