Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

158 Hotspot Terpantau Di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Agustus 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebanyak 158 titik panas terpantau di Kabupaten Sukamara. Itu disampaikan Kapolres Sukamara, AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana pada Senin, 10 Agustus 2020.

"Untuk masalah karhutla, perlu saya informasikan, sampai dengan hari ini, sudah ada 158 hotspot yang terpantau oleh 4 satelit," kata Kapolres.

"Sedangkan kejadiannya, sudah ada 8 kejadian yang rill terjadi di wilayah kita dan ini terbagi rata, 4 di atas dan 4 di bawah. Bagian atas itu wilayah Sukamara, Pantai Lunci," tambahnya.

Menurut Putu Dedy, hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan agar upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Bumi Gawi Barinjam bisa terus dimaksimalkan. Sehingga, karhuta di tahun 2020 dapat diminimalisir.

"Pada tahun sebelumnya titik hotspot yang terpantau mencapai 400, dan kalau kita tidak bertindak maka akan banyak seperti tahun 2019," tuturnya.

"Luas lahan yang sempat terbakar ini mencapai 50,5 hektat. Itu yang sempat terpantau. Kalau kita berpikirnya ini biasa-biasa saja, maka kita hanya tinggal menunggu waktu," ujarnya.

Putu Dedy menuturkan, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan semua pihak. Dalam hal imbauan, salah satu yang dilakukan adalah dengan memasang spanduk di sepanjang jalan.

"Pemasangan spanduk ini bukan sok-sokan, karena kami berpikir ini adalah agenda tahunan, yang artinya setiap tahun pasti ada kemarau. Jadi kita berbuat berbuat maksimal," tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru