Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PMD Barito Timur Gelar Pelatihan Pengelolaan Aset Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Agustus 2020 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau PMD Kabupaten Barito Timur menggelar pelatihan pengelolaan aset desa berbasis Sistem Pengelolaan Aset Desa atau Sipades di aula setempat, Senin 10 Agustus 2020.

Kepala Dinas PMD Barito Timur, Barnusa mengatakan, pengelolaan desa tidak terlepas dari pengelolaan aset yang ada di desa tersebut.

"Namun, kadangkala masalah pengelolaan aset desa dipandang sebelah mata dan cenderung diabaikan padahal aset desa dapat menunjukan identitas dari suatu desa," kata Barnusa saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP berusaha membantu dalam pengadministrasian masalah aset khususnya aset desa.

Menurut Barnusa, dengan diluncurkannya aplikasi Sipades yang bertujuan untuk upaya pengembangan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, maka aset-aset yang ada di desa akan terdata dengan baik legalitasnya.

"Tujuan pengembangan aplikasi Sipades adalah untuk menertibkan kepemilikan aset desa sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa," lanjutnya.

Barnusa berharap, pelatihan ini dapat menambah wawasan pengetahuan dan wawasan berpikir bagi para peserta.

Untuk diketahui, pelatihan pengelolaan aset desa berbasis Sipades digelar selama 10 hari yang diikuti oleh seluruh kaur umum pemerintah desa se Kabupaten Barito Timur. Pada hari ini, pelatihan diikuti oleh kaur umum dari seluruh desa di Kecamatan Raren Batuah. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru