Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jet Tempur Cina Dekati Taiwan saat Menkes Amerika Datang

  • Oleh Teras.id
  • 11 Agustus 2020 - 07:20 WIB

TEMPO.CO, Taipei – Pesawat jet tempur Cina melintasi garis tengah Selat Taiwan pada Senin, 10 Agustus 2020 dan terlacak oleh sistem radar dari rudal Taiwan.

Pemerintah Taiwan mengatakan ini terjadi saat Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Alex Azar, mengunjungi pulau itu untuk menyampaikan dukungan Presiden Donald Trump.

Azar tiba pada Ahad kemarin dan menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi pulau itu secara resmi dalam empat dekade terakhir.

“Cina menerbangkan pesawat jet tempur J-11 dan J-10 dan sesaat melewati sisi Taiwan dari selat sempit yang memisahkan keduanya,” begitu dilansir Reuters pada Senin, 10 Agustus 2020.

Ini terjadi pada Senin pukul 9 pagi sesaat sebelum Azar bertemu dengan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, di kantor kepresidenan.

Gerakan pesawat jet tempur Cina ini terlacak oleh siste radar dari rudal anti-pesawat Taiwan. Pesawat Taiwan lalu mengusir jet tempur Cina itu.

Kementerian Pertahanan Cina belum memberikan komentar soal pernyataan dari kementerian Pertahanan Taiwan.

Seorang pejabat Taiwan mengatakan Cina sengaja menarget kunjungan Azar ini dengan tindakan yang sangat berisiko. Ini karena jarak jet tempur Cina itu berada dalam jangkauan rudal Taiwan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru