Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kota Ini Berharap Ada Serangan Vampir Agar Pariwisatanya Hidup Lagi

  • Oleh Teras.id
  • 11 Agustus 2020 - 10:30 WIB

TEMPO.COJakarta - Forks, sebuah kota kecil di ujung barat laut negara bagian Washington. Kota indah ini pernah dibanjiri wisatawan yang ingin menikmati suasana dalam film Twilight, yang bercerita mengenai keluarga vampir dan manusia srigala. 

Kota kecil itu hanya dihuni 3.600 orang, dan dalam 15 tahun terakhir kebanyakan penduduknya hidup dari pariwisata yang didorong oleh film Twilight.

Twilight diterbitkan dalam sebuah novel pada tahun 2005, berpusat di sekitar kisah cinta siswa sekolah menengah Bella Swan dan belahan jiwa vampirnya Edward Cullen. Popularitas Twilight memang jadi berkah bagi Forks. Kota itu dibanjiri turis 12 tahun setelah penulis Stephenie Meyer menerbitkan novel edisi terakhir dan hampir delapan setelah difilmkan. 

Sayangnya novel kelima Twilight berjudul "Midnight Sun" yang dirilis pada 4 Agustus 2020, bebarengan dengan wabah Covid-19. Novel terakhir itu tak berimbas terhadap Forks, meskipun pada minggu pertama peluncurannya, novel tersebut menempati peringkat satu buku-buku terlaris di situs Amazon.

Padahal saat novel sebelumnya berjudul "The Short Second Life of Bree Tanner" pada 2010, lebih dari 72.000 orang mengunjungi Forks, menurut data dari pusat pengunjung kota. 

Pemilik Leppell's Flowers & Gifts sekaligus penduduk asli Forks, Charlene Leppell berharap popularitas novel Twilight dapat kembali membantu menghidupkan lebih banyak bisnis, "Saya optimistis semakin banyak orang membacanya, semakin menarik minat mereka lagi," kata Leppell kepada CNN Travel.

Dengan fasad toko pedesaan dan tanda "Twilight Central" yang pudar, Leppell's Flowers & Gifts masih menjual barang-barang favorit penggemar seperti mug bertuliskan "Saya digigit di Forks" dan jas lab Carlisle Cullen. Namun Leppell masih khawatir hype seputar "Midnight Sun" tidak akan berlanjut.

"Pada satu titik, seluruh bagian bawah toko saya adalah 'Twilight'. Sekarang setengah dari toko saya adalah barang dagangan 'Twilight'. Saya membayangkan dalam lima tahun ke depan, mungkin hanya akan ada satu sudut kecil," kata Leppell.

Bagaimana wisata vampir ada di Forks dan para fans "Twilight" yang kebanyakan gadis remaja menyukai kota mungil itu Untuk membangun industri pariwisatanya, Forks sengaja berinvestasi untuk penggemar Twilight. Kota itu mendedikasikan tanggal 13 September - hari ulang tahun protagonis "Twilight" Bella Swan sebagai Hari Stephenie Meyer penulis saga Twilight.  

Restoran lokal bahkan memasukkan item bertema "Twilight" pada menu mereka, seperti "Bella Burger" dari Sully's Drive-in, yang disajikan dengan kentang goreng dan taring plastik.

Berita Terbaru