Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Karyawan Swasta, Tenaga Honorer juga Bakal Dapat Bansos Lho, Simak Penjelasan BPJAMSOSTEK

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Agustus 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Karyawan swasta dan Tenaga honorer atau non PNS yang bergaji di bawah Rp5 juta bakal mendapatkan bantuan sosial (bansos) berupa bantuan subsidi gaji senilai Rp600 ribu per bulan, selama 4 bulan.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Kapuas, Agus Sutejo mengatakan bantuan itu dari pemerintah pusat, dan pihaknya diberikan amanah untuk memfasilitasi, diantaranya dengan melakukan collecting atau mengumpulkan nomor rekening penerima bantuan, khusus untuk yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita diberikan tugas untuk melakukan pengumpulan nomor rekening bagi karyawan atau pekerja yang masih aktif, baik itu harian tetap atau harian lepas," kata Agus, Selasa,

Bahkan, ia menyebutkan bahwa semua diberikan hak yang sama. "Termasuk untuk pegawai non PNS atau pegawai honorer maupun tenaga kontrak diseluruh instansi terkait di bawah pemerintah daerah," sebutnya.

"Jadi, para pekerja yang upah atau gajinya diterima di bawah Rp 5 juta per bulan itu dapat bantuan. Besaran totalnya Rp 2,4 juta akan diterima penerima," tururnya.


Agus menegaskan, untuk penerima yang berhak mendapatkan bantuan ini merupakan pekerja yang aktif dalam iuran BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa saat ini masih dalam tahap pengumpulan nomor rekening pekerja sampai pada tanggal 14 Agustus 2020 mendatang, baik itu pada perusahaan maupun instansi yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas, dan Pulang Pisau.

"BPJamsostek Cabang Kapuas ini juga membawahi Kabupaten Pulang Pisau,"

Ia menjelaskan untuk total tenaga kerja aktif termasuk honorer totalnya sekitar 29.400 lebih, secara umum yang ada di dua wilayah tersebut.

"Cuma kita masih verifikasi semuanya nanti akan terverifikasi by system bahwa gaji yang kita beritahukan ke perusahaan dan mereka akan memverifikasi juga, intuk gaji di bawah 5 juta saja yang akan dilaporkan ke kita," jelasnya.

Berita Terbaru