Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim 1011 Kuala Kapuas Berikan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando dan Teritorial ke Bintara Baru

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Agustus 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Kodim 1011 Kuala Kapuas memberikan pembinaan kesiapan aparat komando kewilayahan dan kemampuan teritorial kepada 23 Bintara Baru, bertempat di Aula Mako Kodim setempat pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol Inf Ary Bayu Saputro, dalam arahannya menyampaikan tentang pentingnya sosialisasi kepada setiap prajurit Komando Kewilayahan (Kowil) agar ke depan bisa Iebih memahami tugas dan fungsinya masing-masing.

Hal ini, lanjut dia dilakukan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya.

"Aparat komando kewilayahan harus berpedoman pada sikap sikap teritorial, dan lima kemampuan teritorial, yang mana setiap anggota kewilayahan harus selalu siap siaga, dan selalu bekerja sama antara aparat teritorial Iainnya untuk mengawasi, memonitor setiap perkembangan wilayah," kata Dandim.

Selanjutnya pemberi materi oleh Pasi Ter Kodim 1011/Klk, Letda Inf Imam Markum yang memberikan penekanan tentang materi lima kemampuan teritorial kepada seluruh anggota Bintara Baru, bahwa 5 kemampuan teritoriaI tersebut harus betuI-betul dipahami dan dimengerti oleh seluruh anggota.


Di antaranya adalah kemampuan temu cepat atau Iapor cepat, kemampuan managemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial.

Tidak kalah pentingnya bagi para prajurit Teritorial juga harus memiliki kemampuan 8 sikap teritorial, diantaranya murah senyum, tegur sapa, rasa hormat dan terima kasih, kenali adat istiadat, Iarut diri disetiap lapisan masyarakat, positif dalam tata susila, kesediaan untuk membantu, dan selalu ikut dalam kegiatan keagamaan.

"Kalau semua itu sudah dikuasai oleh para prajurit dilapangan, berarti tugas pokok TNI sudah tercapai dan kita akan menjadi sosok terpenting di lingkup kehidupan masyarakat wilayah binaan," ucap Imam. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru