Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembuatan IMB Rumah Walet di Barito Timur Mulai Meningkat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Agustus 2020 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kabupaten Barito Timur, Trikorianto mengungkapkan, permohonan ijin mendirikan bangunan atau IMB rumah walet mulai mengalami peningkatan.

Hal ini terjadi setelah Bidang Penegakan Perda Satpol PP Barito Timur melakukan pendataan dan upaya preventif non yustisial kepada pemilik rumah walet di Kecamatan Dusun Timur agar mengurus IMB.

"Pada bulan Juli terjadi peningkatan yang luar biasa, ada 67 berkas yang masuk," ungkap Trikorianto di ruang kerjanya. Selasa 11 Agustus 2020.

Menurutnya, di Kabupaten Barito Timur diperkirakan terdapat lebih dari 1.200 rumah walet dan 20 persen diantaranya adalah bangunan rumah walet permanen atau berdinding beton.

"Namun sayangnya dari jumlah rumah walet yang ada di Barito Timur ini, baru sekitar 15 persen yang sudah memiliki IMB," imbuh Trikorianto.


Dia berharap upaya preventif non yustisial yang dilanjutkan oleh Satpol PP ke kecamatan lain akan terus berdampak pada peningkatan pengajuan IMB.

"Kami berterima kasih kepada Satpol PP yang telah melaksanakan instruksi bupati untuk penegakan Perda mudah-mudahan nanti terus ada peningkatan terutama di kecamatan Dusun Tengah yang paling banyak rumah walet," ujarnya.

Trikorianto menjelaskan bahwa retribusi IMB adalah penunjang bagi pendapatan asli daerah atau PAD Barito Timur.

"Semakin banyak pemilik rumah walet mengurus IMB akan semakin meningkatkan kontribusi bagi pembangunan daerah setempat," jelasnya.

Dia juga membantah anggapan yang beredar bahwa mengurus IMB itu mahal.

Berita Terbaru