Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala Disiapkan Jadi Sentra Produksi Padi Nasional

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Agustus 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan disiapkan menjadi sentra produksi padi nasional. 

Bahkan pada Selasa, 11 Agustus 2020 hari ini Bupati Katingan Sakariyas mendampingi pihak Perum Bulog kantor pusat dan yayasan ketahanan pangan nasional dalam rangka survei sentra produksi pangan.

Selain itu juga untuk meninjau infrastruktur akses jalan pasca panen di wilayah Kecanatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

Menurut Camat Katingan Kuala, H Surianto, di wilayahnya kunjungan dipusatkan di Desa Jaya Makmur Katingan I.

Desa Jaya Makmur, kata Camat H Surianto sejauh ini merupakan daerah penghasil padi bersama sejumlah desa lain di Katingan Kuala, seperti Desa Makmur Utama, Subur Indah, Bumi Subur, Bangun Jaya, Kampung Baru, Salat Baning, Kampung Keramat dan Desa Kampung Tengah.

Sejauh ini, kata Camat Katingan Kuala, daerahnya merupakan penghasil padi terbesar di Kabupaten Katingan dengan rata-rata petani panen dua kali dalam setahun bahkan tidak jarang petani yang panen sebanyak tiga kali dalam setahun.

Rata-rata dalam satu hektar sawah menghasilkan produksi gabah kering kiling 4 hingga 5 ton. Namun ada pula petani yang bisa panen padi hingga 6 ton per hektarnya. 

Produksi padi yang cukup besar dari wilayah Katingan Kuala ini membuat pemerintah pusat melirik potensi padi di daerah ini hingga pihak Bulog  pusat dan yayasan ketahanan pangan nasional hari ini berkunjung melihat langsung potensi padi sawah di Katingan Kuala dan Mendawai.

"Kita menmbut gembira dengan adanga rencana pemerintah menjadikan wilayah kita sentra produksi padi nasional," imbuh Camat Katingan Kuala, H Surianto. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru