Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebangkitan UMKM Sebagai Penggerak Roda Perekonomian Nasional

  • Oleh Tempo.co
  • 12 Agustus 2020 - 07:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi COVID-19 memang belum berakhir. Namun, demi menyelamatkan perekonomian tanah air sekaligus mengembalikan produktivitas masyarakat, pemerintah Indonesia pun menerapkan kebijakan untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru. Di masa ini, masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Walaupun belum sepenuhnya kembali normal, namun adaptasi kebiasaan baru menjadi angin segar bagi beberapa sektor, salah satunya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).  Adaptasi kebiasaan baru menjadi momentum yang tepat bagi UMKM untuk bangkit kembali setelah sempat mati suri di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pelaku UMKM yang sebelumnya hanya bisa mengandalkan platform online seperti Tokopedia, kini bisa mulai berjualan secara langsung baik di mal, toko, atau bahkan pameran.

Namun ternyata, bangkit dari keterpurukan di masa pandemi tidaklah semudah yang dibayangkan. Setelah COVID-19 masuk ke Indonesia, cara belanja serta produk yang diinginkan oleh masyarakat pun cenderung berubah. Dari survei yang dilakukan oleh perusahaan konsultan pemasaran MarkPlus Inc, menyimpulkan bahwa transaksi belanja online di perdagangan ritel naik enam kali lipat di masa pandemi COVID-19.

Perubahan ini akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM di Indonesia. Jika tidak pandai-pandai berinovasi dan mempelajari cara baru dalam menjajakan barang dagangannya, bukan tidak mungkin mereka akan ikut terkena dampak COVID-19 yang cukup mengkhawatirkan. Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM untuk bangkit dan menghadapi pandemi COVID-19 ini

Untuk mengajak masyarakat, khususnya para pelaku UMKM untuk bangkit dan kembali berjuang mengembangkan usahanya, Tempo bekerja sama dengan Tokopedia menggelar Dialog Industri dengan tema “UMKM Bangkit, Ekonomi Melejit.” Dialog Industri ini akan digelar pada Jumat, 14 Agustus 2020, pukul 16.00 -17.30 WIB, secara live di akun Facebook Tempo Media, akun YouTube tempodotco, dan Instagram Live @tempodotco. 

Dipandu oleh Produser Tempo Dheayu Jihan, program ini akan dihadiri oleh beberapa narasumber. Di antaranya, Ir. Victoria br Simanungkalit, MM (Deputi Bidang Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM RI), Astri Wahyuni (Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia), dan Omar Karim Prawiranegara (Co-Founder Dua Coffee).

Tertarik untuk bergabung dengan acara ini Anda bisa mengikuti Dialog Industri Tempo x Tokopedia secara gratis, lho! Pantau terus media sosial Tempo.co untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai acara ini. Jangan sampai ketinggalan!

(TERAS.ID)

Berita Terbaru