Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berharap BUMDes di Gunung Mas Maju dan Berkembang

  • 12 Agustus 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan peningkatan badan usaha milik desa (BUMDes) se Kecamatan Kurun di aula kantor Desa Tumbang Tariak, Rabu, 12 Agustus 2020.

Kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Penguatan Lembaga Ekonomi Desa Dinas PMD Gunung Mas, Novi Rela mengatakan bahwa tujuannya utama kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kapasitas pengurus BUMDes agar mampu mengelola dan mengembangkan usaha lebih baik.

“Jika BUMDes nya berjalan dengan baik, otomatis bakal meningkatkan perekonomian masyarakat di desa itu sendiri,” ujar wanita berparas cantik itu.

Sejauh ini terdapat beberapa desa di Kecamatan Kurun yang belum membentuk BUMDes. Sedangkan BUMDes yang diketahui telah berjalan baik, yaitu BUMDes Tumbang Hakau dengan unit usaha perdagangan bahan bakar minyak (BBM), lalu BUMDes Hurung Bunut dengan toko Sembako, serta BUMDes Tumbang Miwan dengan unit usaha jasa penyewaan tenda.

“Sejauh ini BUMDes Bangun Sari, Kecamatan Manuhing menjadi rujukan atau contoh sukses pengelolaan badan BUMDes di Kabupaten Gunung Mas. Dengan modal Rp 25 juta, pengelola BUMDes kini sukses mengembangkan berbagai jenis usaha hingga merambah jual beli kelapa sawit,” sebutnya.

Dalam menentukan unit atau jenis usaha BUMDes, maka harus melalui musyawarah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa.

“Kehadiran BUMDes jangan sampai mematikan usaha masyarakat yang telah ada, namun diposisikan sebagai mitra usaha. Contohnya menjadi distributor atau agen Sembako dan lain sebagainya,” imbuh Novi.

Sementara itu Kepala Desa Tumbang Tariak, Rodi Asser menyambut baik kegiatan tersebut sekaligus mengapresiasi atas kepercayaan Dinas PMD Gunung Mas menjadikan Tumbang Tariak sebagai tuan rumah.

“Melalui kegiatan ini, kami selaku pemerintah desa berharap BUMDes yang telah terbentuk bisa aktif dan sukses mengembangkan usahanya. Sebab selama ini terkesan vakum. Rencananya BUMDes di sini akan membuka unit usaha layanan BRI link, toko Sembako dan agen gas elpiji,” pungkasnya. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru