Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas P3AP2KB Kapuas Terus Edukasi Warga Untuk Tekan Angka Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Agustus 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kapuas terus mengedukasi masyarakat untuk menekan angka terjadinya stunting.

Plt Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas, Dusi mengatakan pihaknya memiliki tugas pokok dan fungsi memberikan edukasi kepada masyarakat ditingkat kecamatan hingga kelurahan/desa yang tergabung dalam Bina Keluarga Balita (BKB).

Pihaknya juga terus meningkatkan sosialisasi terkait permasalahan stunting, yang diketahui kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak), akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. 

“kami setiap ada pertemuan BKB, juga selalu sosialisasi terkait stunting, apa saja penyebab stunting itu sendiri serta bagaimana cara mencegah stunting,” kata Dusi, Kamis, 13 Agustus 2020.

Ia juga mengatakan bahwa prospek kegiatan yang telah dilakukan pihaknya dalam mensosialisasikan masalah stunting telah mencapai angka 92 persen di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 17 Kecamatan.


“Kalau skala kabupaten, kita telah melakukan kegiatan program kampung KB, dan pelayanan di desa-desa serta di sana juga kami mensosialisasikan masalah stunting dan dari semua itu, kami telah melaksanakan sebanyak 92 persen progres,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan tentang apa itu stunting dan bagaimana cara pencegahannya saat melaksanakan kegiatan kampung KB (Keluarga Berencana).

“Kami memberikan ilmu, dan gambaran kepada masyarakat bagaimana dan apa penyebab stunting,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru