Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo SP Murung Raya Imbau Desa Bangun Sarana Internet Secara Mandiri

  • Oleh Trisno
  • 13 Agustus 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Murung Raya mengimbau agar desa yang ada khususnya yang masih berstatus blankspot untuk membangun sarana internet secara mandiri.

Kepala Dinskominfo Mura, Drs. Bimo Santoso, Kamis, 13 Agustus 2020, mengatakan, di wilayahnya masih banyak desa yang berlum terjangkau jaringan internet karena kondisi geografis dan lokasi desa yang berada di pedalaman.

Padahal saat ini kebutuhan akan akses internet sangat penting, khususnya juga bagi penerapan sekolah sistem daring dan juga seagai sarana mendapatkan informasi penting terkait dengan penanganan Covid-19 yang harus diketahui seluruh masyarakat.

Terkait itu, dirinya menghimbau agar seluruh desa bisa membangun sarana jaringan internet secara mandiri melalui program yang dibuat dan dianggarkan dalam APBDes masing masing.

“ Desa bisa anggarkan dan bangun sarana internet secara mandiri, melalui APBDes masing masing, bisa dikelola sebagai BUMDes dan bisa mendapatkan PAD dari sector tersebut. Saat ini banyak pihak yang menyaipkan dan menaarkan sarana jaringan internet di pedalaman,” kata Mantan Kabag Humas Setda Mura ini.

Tahun ini Pemkab Mura belum mendapatkan bantuan program pembangunan tower dari Pemerintah Pusat, karena bukan tergoling daerah tertinggal, dan tahun ini hanya Kabupaten Seruyan yang mendapatkan bantuan jaringan internet tersebut.

Namun tahun lalu, Mura mendapat bantuan satu tower jaringan internet di Kecamatan Seribu Riam dan internet sekolah bagi lima sekolah.

Sehingga katanya ketersediaan internet bisa dibuat oleh desa masing masing, dan tergantung dari Kepala Desa dan perangkatnya apakah mau atau tidak melaksanakan pprogra internet mandiri tersebut.

Akan tetapi dalam beberapa kesempatan, dirinya terus menghimbau agar desa bisa membangun sarana internet secara mandiri, dan dikelola melalui BUMDes. Sehingga selain bisa membuka akses internet bagi masyarakatnya, juga bisa mendapatkan pendapatan desa dari program tersebut.

“Ketersediaan jaringan internet bagi masyarakat saat ini sangat penting, saya menghimbau desa bisa membangun sarana internet melalui APBDes. Termasuk Diskominfo juga akan terus berupaya membuka isolasi jaringan internet bertahap di seluruh pelosok Mura,” jelasnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru