Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Pandemi Covid-19 Pegiat Seni Musik di Kotim Mengalami Penurunan Pendapatan Hingga 100%

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Agustus 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memengaruhi pendapatan para penggiat seni musik. Bahkan pendapatan mereka mengalami penurun hingga mencapai 100%.

"Selama pandemi Covid-19 ini, job manggung, terutama live musik dan pembawa acara di resepsi pernikahan ataupun kegiatan lainnya tidak ada. Sehingga penghasilan kami turun hamoir 100%," ujar Ketua Komunitas Seni Kotim Sugianto atau dikenal Ugi, Kamis, 13 Agustus 2020. 

Turunnya pendapatan mereka karena dalam beberapa bulan terakhir tidak diperbolehkan disuatu kegiatan atau resepsi pernikahan. Hal itu sangat berbanding terbalik saat semsa normal. 

"Kalau tidak pandemi Covid-19, dalam 1 bulan hampir setiap akhir pekan kami bersama teman-teman bisa penuh job manggung. Namun sekarang tidak ada lagi," kata Sugianto. 

Hal tersebutpun sangat dikeluhkan mereka. Sehingga, dirinya bersama puluhan temannya bertemu dengan Bupati Kotim Supian Hadi, dan juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim Multazam. 

Mereka menyampaikan keluhan tersebut, dan sudah membuat sebuah kumunitas yakni penggiat seni. Hal itu dilakukan, agar mereka satu visi. Dan berharap dapat izn untuk manggung. Dengan syarat tetap melaksankan protokol kesehatan Covid-19. 

"Intinya kami meminta agar bupati bisa mengijinkan kami kembali untuk manggung atau menggelar kegiatan seni. Dan kami siap melaksankan syarat atau mengikuti protokol kesehatan. Agar perekonomian kami kembali bangkit," terang Sugianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru