Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru 6 Desa di Tewah Jalankan BUMDes

  • Oleh Hendra
  • 13 Agustus 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurung - Kecamatan Tewah menjadi target pelaksanaan kegiatan peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan di aula kantor Desa Tanjung Untung tersebut diikuti sejumlah desa, Kamis, 13 Agustus 2020.

Kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Penguatan Lembaga Ekonomi Dinas PMD Gunung Mas, Novi Rela menuturkan bahwa kegiatan peningkatan BUMDes di Kecamatan Tewah diikuti enam desa yang telah menjalankan unit usahanya.

“Pesertanya yaitu desa yang telah memounyai BUMDes dan sudah mendapat penyertaan modal dari dana desa (DD),” ujarnya.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, urai Novi, yakni meningkatkan perekonomian warga desa melalui unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes masing-masing.

“Kemudian BUMDesa diharapkan bisa mengoptimalkan potensi desa untuk menunjang perekonomian masyarakat desa,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, pengurus BUMDes diharapkan mampu membuat pelaporan keuangan usahanya sebagai wujud pertanggungjawaban atau transparansi pengelolaan BUMDesa atas Dana Desa yang telah disalurkan.

“Kami mengharapkan masing-masing BUMDes dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak bagi masyarakat dengan cara menambah unit usaha yang dijalankan,” pungkasnya. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru