Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak Januari - Agustus Puluhan Hotspot Muncul di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Agustus 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus kebakarana hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) masih terjadi. Tercatat sejak Januari - Agustus 2020, ditemukan lebih dari 60 Hotspot, dan semua telah tertangani dengan baik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kobar melalui Kepala Seksi Pencegahan Pahrul Laji menyampaikan, sejak awal Januari sampai dengan pertengahan Agustus 2020, tercatat ada 60 Hotspot lebih.

"Titik hotspot sampai sekarang ada 60 Hotspot lebih dan masih dalam pendataan. Semua sudah bisa kita tangani dengan baik, karena kesiapan kesiagaan dari satgas darat Karhutla Kobar," ujarnya, saat ditemui Borneonews, Kamis, 13 Agustus 2020.

Pemerintah Kobar telah menetapkan Siaga Darurat Karhutla, sehingga satgas gabungan yang terdiri dari TNI Polri, BPBD Manggala Agni, Damkar, dan seluruh instansi terlibat didalamnya sudah satu dalam pergerakan satgas dan terkoordinir dengan baik.

"Posko - posko dilapangan juga sudah berjalan. Sehingga antisipasi terkait Karhutla juga sudah berjalan dengan baik," tuturnya.


Fahrul Laji menyampaikan, bahwa Titik Hotspot yang ada masih relatif aman, mengingat dilihat dari perkembangan hujan masih sering terjadi di Kobar. Walaupun, menurut BMKG wilayah Kobar saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Doketahui, berdasarkan hasil evaluasi dari kejadian tahun lalu, ada 8 desa di 3 Kecamatan yang masuk rawan kejadian Karhutla. Yakni, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Lama dan Kecamatan Kumai. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru