Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Diskominfo-Persandian Sukamara: Penerapan Transformasi Digital Hemat Sumberdaya

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Agustus 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo-Persandian) Sukamara, Abdul Karim mengatakan bahwa penerapan transformasi digital akan menghemat sumberdaya 

"Intinya dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik ini adanya efisiensi, efektivitas, keterbukaan, kemudian lebih menghemat sumberdaya," kata Abdul Karim, Kamis, 13 Agustus 2020.

Menurutnya, awal penerapan transformasi digital memang memerlukan investasi atau pengadaan yang lebih, namun pada saat operasionalnya mulai dilakukan maka akan lebih ekonomis.

"Kemudian untuk pelayanan publik ini akan menjadi lebih ekonomis juga, yang tadinya mungkin harus mendatangi tempat-tempat pos pelayanan, sehingga memerlukan transportasi dan jika di luar daerah maka perlu menginap akomodasi  dan sebagainya," ujarnya.

"Tetapi dengan sistem elektronik ini, tentu pelayanan akan lebih ekonomis dan lebih cepat. Jadi masyarakat bisa mengakses aplikasi aplikasi yang berkenaan dengan pelayanan pelayanan publik," lanjut Karim.

Karim menambahkan, untuk menerapkan tranformasi digital terhadap sistem pemerintahan dalam pelayanan publik, maka langkah awal yang dilakukan adalah membangun komitmen bersama sehingga semua pihak bisa bersinergi dalam melaksanakan digitalisasi dalam hal pemerintahan.

"Untuk bisa mengimplementasikan transformasi digital ini Pemerintah Kabupaten Sukamara akan melakukan secara bertahap," imbuhnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru