Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah Menteng Bersama Petugas Damkar Edukasi Warga dan Mahasiswa Cegah Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 13 Agustus 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari bersama petugas pemadam kebakaran atau damkar dari Dinas Damkar Kota Palangka Raya dan Damkar Provinsi Kalteng memberikan edukasi kepada warga dan mahasiswa terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kamis 13 Agustus 2020. Turut hadir Bhabinkamtibmas Aipda Toha dan Babinsa Serka Eko Wijaya.

Rossalinda mengatakan, upaya pencegahan Karhutla dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi tentang bahayanya kebakaran hutan dan lahan.

Sosialisasi itu dilakukan dengan pendekatan humanis untuk mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Melalui sosialisasi tersebut, ia berharap masyarakat mengetahui bahaya dan sanksi yang diberikan jika melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Secara umum kita mengupayakan pencegahan dulu, preventifnya mencegah dulu jangan sampai terjadi Karhutla," ucapnya

"Termasuk memberikan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla, sekaligus mengimbau warga tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar," imbuh dia.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan regulasi mengenai larangan membakar lahan sesuai UU RI No 41 Tahun 1999 dan Perda Kalteng Nomor 5 Tahun 2003.

"Kepada masyarakat, para pemilik lahan diingatkan agar selalu waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Hindari pembakaran sampah di sembarang tempat dan jangan membuang puntung rokok yang masih menyala agar tidak timbul permasalahan atau kerugian yang lebih besar," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru