Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi Covid-19, Pendaftaran Haji di Kemenag Kapuas Menurun

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Agustus 2020 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kapuas menyampaikan update data pendaftaran haji, pembatalan haji, dan pelimpahan nomor porsi haji.

Kasi PHU Kemenag Kapuas, Asyhadi mengatakan, memang ada penurunan pendaftaran haji di tengah pandemi covid-19. Penurunan mulai terjadi sejak April 2020. Bahkan, pengajuan pembatalan haji juga cukup banyak.

“Sekarang semenjak memasuki new normal bulan Juli, jumlah pendaftar haji sudah berangsur normal kembali," kata Asyhadi, Jumat, 14 Agustus 2020.

Sementara itu, Staff PHU Kemenag Kapuas, Hindon megatakan pendaftar ibadah haji tahun ini dari bulan Januari sampai dengan Agustus sebanyak 311 jamaah, dan pembatalan haji sebanyak 29 jamaah.

“Pendaftaran haji di Kapuas berkurang dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 pendaftaran haji sebanyak 810, sedangkan tahun 2020 sebanyak 311 per Agustus," ucap Hindon.

Sedangkan untuk pelimpahan nomor porsi, lanjut Hindon, terhitung sampai dengan Agustus, ada 6 orang yang menyerahkan berkas dan sudah diproses. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru