Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur Hadiri Penanaman Jagung di Desa Puri

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Agustus 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menghadiri penanaman jagung di Desa Puri Kecamatan Raren Batuah, Jumat 14 Agustus 2020.

Dalam kegiatan tersebut, Riza berkesempatan mencoba alat tanam jagung yang digunakan oleh Kelompok Tani Daya Bina.

Dia menjelaskan, penggunaan alat teknologi tepat guna pertanian dan alat mesin pertanian atau alsintan bertujuan meningkatkan produktivitas sekaligus menghemat biaya produksi.

"Pembukaan lahan jagung dengan menggunakan traktor hanya membutuhkan tenaga kerja 2 orang. Dan dapat membuka lahan seluas 1 hektare dalam 16 jam," kata Riza di Desa Puri.

DI sisi lain, dia menyinggung rendahnya minat generasi muda untuk menjadi petani menjadi salah satu kendala dalam pengembangan luas lahan pertanian.

"Karena itu mekanisasi pertanian sangat penting untuk meminimalisasi penggunaan tenaga manusia," imbuh.

Sementara itu Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Raren Batuah, Kateluniati, menjelaskan pengembangan tanaman jagung pakan di desa tersebut baru mulai dilakukan pada tahun ini.

"Total luas tanam jagung pada musim tanam Asep di desa Puri sebanyak 70 hektare. Dengan antusiasnya petani mengembangkan budidaya jagung ini mudah-mudahan pada musim tanam berikut luas tanam dapat ditingkatkan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru