Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Lakpesdam Kalteng: Beroperasinya Klinik NU Momentum Bagi Kaderisasi Kesehatan

  • Oleh Nopri
  • 14 Agustus 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Lakpesdam NU Kalteng M Roziqin mengatakan, beroperasinya Klinik Nahdlatul Ulama (NU) menjadi momentum bagi kader kesehatan untuk beraktualisasi, berhimpun dan berkarya.

M Roziqin menilai, itu semua tentunya dalam rangka mendarmabakti atau berkontribusi kepada warga Nahdliyin sebutan khas jemaah NU, dan masyarakat pada umumnya. Apalagi, sumber daya manusia NU di bidang kesehatan ini sebenarnya banyak dan mereka berkarya pada sejumlah institusi baik dalam maupun luar daerah.

"Hadirnya klinik, yang akan dikembangkan menjadi sebuah rumah sakit nantinya, pasti akan lebih menumbuhkan semangat bagi kader Nahdliyin yang memang konsen di bidang kesehatan, ini menjadi inkubator bagi kaderisasi," kata M Roziqin, Jumat, 14 Agustus 2020.

Mulai dari dokter, tambah Rozikin, mahasiswa prodi kesehatan, pelajar, pasti bersinergi mendapatkan nilai manfaat adanya klinik NU atau Rumah Sakit NU untuk pengembangan diri dan profesinya.

"Saya yakin pasti akan menggeliat. Misalnya perhimpunan dokter Nahdlatul Ulama PDNU pasti akan terdorong untuk merapikan kaderisasi bidang kesehatan. Pasti menjadi trigger bagi lainnya antara lain perawat, bidan, apoteker, biomedis, dan seterusnya," ujar Roziqin.


Rozikin menyebut Lakpesdam sangat mengapresiasi adanya klinik itu. Ia juga meyakini akan mendongkrak kaderisasi di Kalteng, terlebih nantinya didukung perguruan tinggi NU masih proses pendirian.

"Sejalan dengan apa yang dikatakan gubernur bahwa memajukan daerah kuncinya ada di pengembangan SDM, maka harus perkuat SDM ini. Tiga aspek tadi juga tepat, yakni perhatian pada pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. NU harus terus melahirkan kader profesi ini," tuturnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru