Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Raren Batuah Target Luas Tanam Jagung 250 Hektare

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Agustus 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Raren Batuah Kabupaten Barito Timur penargetkan pengembangan areal tanam jagung di kecamatan tersebut seluas 250 hektare.

Koordinator BPP Raren Batuah, Kateluniati menjelaskan, pada musim tanam april-september atau asep 2020 areal yang dapat ditanami baru mencapai 135 hektare.

"Sisanya sebanyak 115 hektare akan ditanami pada musim tanam oktober-maret atau okmar," jelasnya di sela kegiatan tanam jagung pada Kelompok Tani Daya Bina Desa Puri, Jumat, 14 Agustus 2020.

Lanjut Kateluniati, areal tanam jagung tersebut tersebar di Desa Puri seluas 70 hektare, Sibung 60 hektare, Batuah 35 hektare, Malintut 50 hektare dan Desa Unsum seluas 35 hektare.

Dia menjelaskan bahwa petani di kecamatan raren Batuah antusias mengembangkan budidaya jagung pakan karena pasar jagung terbuka luas.


"Tidak ada masalah dalam menjual hasil panen karena pasar lokal di Barito timur maupun luar daerah terbuka luas, itu sebabnya petani petani senang menanam jagung," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur yang turut menghadiri kegiatan tanam jagung perdana di Desa Puri berharap pengembangan lahan pertanian dapat menggunakan alat mesin pertanian atau alsintan untuk meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus menghemat biaya produksi.

"Pembukaan lahan jagung dengan menggunakan traktor hanya membutuhkan tenaga kerja 2 orang dan dapat membuka lahan seluas satu hektar dalam 16 jam," ungkap Riza di Desa Puri.

Dia juga menilai, rendahnya minat generasi muda untuk menjadi petani menjadi salah satu kendala dalam pengembangan luas tanam jagung.

"Karena itu mekanisasi pertanian sangat penting untuk meminimalisasi penggunaan tenaga manusia," kata Riza. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru