Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Harapkan Karhutla Tidak Menjadi Stigma Untuk Daerahnya

  • Oleh James Donny
  • 14 Agustus 2020 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengharapkan agar kebakaran hutan dan lahan tidak menjadi stigma untuk Kabupaten Pulang Pisau karena lahannya mudah terbakar dengan lahan gambut yang luas. 

"Ini jangan sampai menjadi stigma untuk wilayah kita karena kita memiliki 59% lahan gambut lalu ancamannya adalah kebakaran dan kita tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Edy. 

Bupati mengajak semua pihak yang ada di Kabupaten Pulang Pisau untuk bersama-sama mengantisipasi agar kebakaran hutan dalam lahan di Kabupaten Pulang Pisau bisa dicegah. 

Edy mengatakan kejadian kebakaran hutan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya sudah cukup, dan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya bisa dihindari. "Kita sendiri sudah tahu dan sudah mengalami bahaya asap yang mengakibatkan gangguan kesehatan," katanya. 

Menurutnya dengan adanya dukungan dan perhatian semua pihak pencegahan dapat dilakukan dengan maksimal. "Kita juga sudah melakukan langkah-langkah yang terbaik, misalnya desa-desa yang rawan kebakaran dengan adanya pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa. 

"Selain itu juga kita melakukan upaya melalui kebijakan pemerintah pusat, melalui pemerintah daerah, melalui peraturan bupati, tentang pemanfaatan anggaran untuk mengatasi Karhutla," terangnya. 

Menurutnya jika semuanya dapat disinergikan, dan mendapatkan dukungan yang kuat dari seluruh masyarakat, masalah kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah dan ditangani dengan baik. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru