Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengumuman SBMPTN: 1.678 Peserta Menangi Persaingan ke Universitas Indonesia

  • Oleh Teras.id
  • 14 Agustus 2020 - 23:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Sebanyak 1.678 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia diterima melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN 2020. Nama-nama mereka dan Pengumuman SBMPTN secara keseluruhan bisa dilihat di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi maupun laman mirror SBMPTN UI.

Sebanyak 1.678 peserta itu tersaring dari total 54.897 yang memilih program studi di UI dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Mereka terdiri dari 21.327 mendaftar di pogram studi sains teknologi dan 33.570 di sosial hukum. 

"Jumlah pendaftar tertinggi pada program studi bidang saintek adalah Pendidikan Dokter dan yang tertinggi di bidang soshum ialah Ilmu Hukum," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Informasi Publik UI, Amelita Lusia, Jumat 14 Agustus 2020.

Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2020 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, Amelita menambahkan, dapat segera melakukan tahapan Pengisian Data dan Pra-Registrasi. Caranya, login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan pra registrasi 14-23 Agustus 2020. 

Tahapan berikutnya adalah Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran, Pembayaran Biaya Pendidikan, dan Registrasi Akademik. Amelita menyatakan calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan Tahap I-III. 

Sebelumnya, Ketua LTMPT Mohammad Nasih menyatakan bahwa seluruhnya 167.653 peserta UTBK-SBMPTN 2020 lolos ke 85 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Jumlah yang lolos setara 25 persen dari total peserta ujian sekaligus seleksi tersebut. 

Seperti diketahui pendaftaran UTBK pada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran SBMPTN. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, nilai UTBK tidak diumumkan terlebih dahulu, melainkan langsung digunakan untuk seleksi SBMPTN. Sehingga, pada tahun ini, pengumuman adalah buah kesungguhan peserta dalam mengukur diri menghadapi sekaligus ujian dan strategi memilih program studi perguruan tinggi negeri.

TERAS.ID

Berita Terbaru