Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HUT ke-75 RI, Komunitas Selam Akan Bentangkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

  • Oleh Teras.id
  • 15 Agustus 2020 - 14:30 WIB

TEMPO.COJakarta - Komunitas menyelam dari Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, "Maumere Diver Community" (MDC) akan membentangkan Bendera Merah Putih di dasar laut dalam rangka menyambut HUT ke-75 RI.

Ketua Pelaksana Rikardus Fransiskus Lado, mengatakan bahwa lokasi pembentangan Bendera Merah Putih itu dilakukan tepat di patahan tsunami 1992 dekat Pulau Babi, Kabupaten Sikka.

"Tempat pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih itu merupakan tempat bersejarah bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Sikka, sehingga kami pilih lokasi ini," katanya Sabtu 15 Agustus 2020.

Ukuran bendera yang dibentangkan di dasar laut, katanya, terdiri dari satu bendera raksasa berukuran 10 meter sebagai bendera utama dan beberapa bendera ukuran tiga meter.

Jumlah penyelam yang terlibat berjumlah 18 orang yang mana tidak hanya dari komunitas menyelam itu tetapi juga penyelam dari sejumlah instansi di kabupaten itu.

"Dari 18 orang itu, delapan orang hanya sebatas snorkling, dan 10 orang penyelam bertugas menyelam di dasar laut untuk membentangkan," kata Rikardus.

Dia juga mengungkapkan bahwa nantinya yang bertugas merekam kegiatan mengibarkan bendera di dasar laut itu sehingga pada tanggal 17 Agustus nanti akan ditayangkan kepada masyarakat umum.

Terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19, katanya, semua peserta akan memperhatikan hal tersebut agar semuanya terhindar dari virus memastikan tersebut.

Lebih lanjut, katanya, aksi pembentangan Bendera Merah Putih di dasar laut itu juga bagian dari mempromosikan wisata bawah laut yang sangat Indah yang dimiliki oleh kabupaten itu. (TERAS.ID)

Berita Terbaru