Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jika Uji Klinis Berhasil, Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Februari 2021

  • Oleh Teras.id
  • 15 Agustus 2020 - 15:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Project Integration Management Research and Development PT Bio Farma Neni Nurainy mengatakan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal Cina baru bisa diproduksi mulai Februari 2021.

"Kalau Januari sudah dapat evaluasi data dan hasilnya baik, mohon doanya. Kemudian kita bisa produksi Februari atau Maret 2021," kata Neni dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Neni mengatakan, produksi vaksin ini akan tergantung pada hasil interim analysis uji klinis fase 3 terhadap para relawan. Misalnya, relawan yang sudah diambil darahnya 14 hari dan 6 bulan setelah suntikan kedua akan dievaluasi berapa titer antibodi untuk bisa menetralisir virus.

Neni memperkirakan evaluasi titer antibodi ini akan selesai di Januari 2021. Jika hasilnya baik, data interim analysis yang di dalam negeri serta dari negara lain akan disampaikan ke Badan POM untuk dievaluasi.

Jika lancar, Neni mengatakan vaksin Covid-19 dari Sinovac ini bisa digunakan pada kuartal pertama 2021. Vaksin akan diproduksi secara bertahap pada Februari tahun depan. "Misalnya sekian batch rilis bisa digunakan, dilanjutkan lagi. Jadi tidak sekaligus," ujarnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru