Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bio Farma: Vaksin Merah Putih untuk Jangka Panjang, Sinovac Jangka Pendek

  • Oleh Teras.id
  • 15 Agustus 2020 - 16:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Project Integration Management Research and Development PT Bio Farma Neni Nurainy mengatakan bahwa vaksin Covid-19 buatan dalam negeri atau Vaksin Merah Putih akan menjadi strategi jangka panjang.

"Indonesia dengan 270 juta jiwa harus siap dengan vaksin sendiri, itu kerja sama dengan Eijkman," kata Neni dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Neni mengatakan, mandat dari Kementerian Riset dan Teknologi adalah mengembangan vaksin dengan cepat dan mandiri. Dari sisi mandiri ini lah, Neni menilai bahwa pandemi mungkin saja terjadi berulang. Sehingga, Indonesia perlu siap dengan vaksin buatan sendiri.

Vaksin Covid-19 dalam negeri yang diberi nama Vaksin Merah Putih tengah dikembangkan oleh Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang dipimpin Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Adapun vakin dari Sinovac asal Cina akan menjadi strategi jangka pendek Bio Farma. "Karena ini pandemi, kita ingin mengejar vaksin bisa disediakan untuk masyarakat," ujarnya.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 buatan dalam negeri diutamakan untuk memenuhi 50 persen kebutuhan vaksin di Indonesia.

Vaksin Covid-19 yang diberi nama Merah Putih ini pun membutuhkan waktu cukup lama. Sebab, Indonesia telat 4 bulan untuk memulai pengembangan vaksin. "Kita berupaya memperpendek proses-prosesnya," kata Amin. (TERAS.ID)

Berita Terbaru