Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menperin Agus Gumiwang Optimistis Industri Otomotif Melesat di Semester II/2020

  • Oleh Teras.id
  • 16 Agustus 2020 - 11:10 WIB

TEMPO.COJakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memperkirakan kinerja industri otomotif berkembang positif pada semester II tahun ini.

Menurut dia, pada semester I/202 kinerja industri otomotif melambat dibandingkan tahun lalu karena dampak pandemi Covid-19.

"Namun saya melihat ada perkembangan positif pada paruh kedua tahun ini," ujar Agus Gumiwang dalam peresmian secara virtual Indonesia Otomotif Online Festival pada Jumat lalu, 14 Agustus 2020.

Agus menerangkan berdasarkan data penjualan mobil atau kendaraan mulai meningkat. Kinerja ekspor pun terjaga baik sehingga dia optimistis ekonomi akan pulih melalui sektor industri otomotif.

Industri otomotif, politikus Partai Golkar ini melanjutkan, telah menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat besar, mencapai lebih dari 1 juta pekerja. Industri otomotif juga salah satu dari tujuh sektor prioritas dalam agenda nasional Making Indonesia 4.0.


Agus mengungkapkan segi rasio kepemilikan kendaraan bermotor, Indonesia sekitar 87 unit per 1.000 orang. Sedangkan Malaysia mencapai 450 unit per 1.000 orang dan Thailand 220 unit per 1.000 orang.

"Tentu ini merupakan peluang industri otomotif."

Meski begitu Indonesia adalah pasar terbesar di Asia. Pada 2019, lebih dari 1 juta kendaraan dijual di dalam negeri dan 300.000 diekspor ke seluruh dunia. Namun secara produksi harus diakui Indonesia masih di bawah Thailand.

"Untuk itu pemerintah mendorong pabrikan otomotif memanfaatkan pasar di Indonesia dan negara-negara di Afrika, Afrika Selatan, dan Australia," tutur Agus Gumiwang.

TERAS.ID

Berita Terbaru