Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Butuh Rp 183 Miliar untuk Penuhi Kebutuhan Anggaran 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Agustus 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotim saat ini masih membutuhkan dana sekitar Rp 183 miliar untuk memenuhi kebutuhan anggaran sesuai perencanaan pembangunan pada 2020 ini.

"Kalau dana yang dibutuhkan yakni sekitar Rp 183 miliar. Karena dampak dari rasionalisasi secara mendadak ada April 2020 lalu," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Minggu, 16 Agustus 2020.

Hal itu terjadi, karena dampak dari wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tidak terkecuali di Kotim. Padahal sebagian program tersebut sudah berjalan. Sehingga tidak bisa dibatalkan, dan memang harus diteruskan.

Belum lagi, program tahun jamak yang juga terus berjalan. Apalagi 2020 ini merupakan tahun terakhir penyelesaian program tersebut. Sehingga pemerintah harus melunasi pembiayaan tersebut. 

"Memang tahun ini merupakan tantangan untuk kami, agar semua berjalan dengan baik. Kamipun berupaya secara maksimal untuk memenuhi hal tersebut," kata Halikinnor. 

Selain itu, pihaknya juga harus membiayai pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Kotim, serta gubernur dan wakil gubernur Kalteng. Dengan total anggaran sekitar Rp 65 miliar. 

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPKP dan BPK. Apakah itu bisa menjadi piutang, hingga bisa dibayarkan pada 2021 mendatang, atau ada solusi lainnya. Karena apa yang terjadi ini sangat diluar dugaan dan bukan kehendak pihaknya. 

"Mudah-mudahan ada solusi nantinya. Sehingga program tetap berjalan, dan tidak ada hambatan nantinya," harap Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru