Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Instruksikan Maksimalkan ADD untuk Pencegahan Karhutla

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 17 Agustus 2020 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo menginstruksikan kepada semua kepala desa agar memaksimalkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah masing-masing. Seperti untuk mempersiapkan personel dan peralatan. 

Edy menegaskan, jangan sampai stigma yang dibangun selama ini pasrah menghadapi Karhutla. Padahal, banyak yang sudah diupayakan dalam mencegah Karhutla. 

"Sejumlah desa banyak melakukan kerja sama. Seperti ada yang memanfaatkan lahan rawan kebakaran menjadi lokasi ternak sapi. Ada yang memanfaatkan hutan untuk mencari madu dan banyak lainnya," kata Edy,  Senin, 17 Agustus 2020. 

Bupati mengungkapkan, memaksimalkan ADD untuk pencegahan Karhutla ini harus menjadi perhatian kepala desa. Itu supaya nantinya jangan sampai ketika terjadi Karhutla desa malah teriak-teriak ke kabupaten. 

"Sehingga api sempat membesar. Karena tidak ada kesiapan dari desa. Ini jangan sampai terjadi," tegas bupati. 

Edy mengingatkan, desa ke kabupaten itu nantinya hanya tinggal melakukan koordinasi saja. Maksimalkan dulu pencegahan di desa, sambung dia, agar api tidak sampai meluas. 

"Namun yang lebih penting bagaimana kita memberikan edukasi ke masyarakat agar jangan sampai membakar hutan dan lahan. Intinya kita maksimalkan dipencegahan," pinta Edy Pratowo. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru