Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akan Deklarasi Besok, Ini 10 Isi Jati Diri KAMI

  • Oleh Teras.id
  • 17 Agustus 2020 - 22:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah tokoh bakal mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) besok, Selasa, 18 Agustus 2020. Sebagai sebuah perkumpulan, KAMI memiliki 'Jati Diri' yang terdiri dari sepuluh poin.

Jati Diri KAMI ini menggambarkan tentang latar belakang, tujuan, serta struktur organisasinya. Salah satu tokoh KAMI, Refly Harun, membeberkan Jati Diri KAMI yang rencananya dibacakan besok bersamaan dengan poin deklarasi.

"Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa," kata Refly mengawali pembacaan Jati Diri KAMI seperti ditayangkan di channel YouTube-nya, Senin, 17 Agustus 2020.

Sebelumnya, salah satu deklarator KAMI, Din Syamsuddin, mengatakan perkumpulannya ini terdiri dari berbagai elemen bangsa. Mulai dari tokoh lintas agama, akademikus, aktivis, kaum buruh, dan berbagai sosok lintas generasi.

Ia mengklaim dukungan terhadap gerakan ini berasal dari dalam dan luar negeri. Adapun alasan pembentukan KAMI, menurut Din, adalah adanya persamaan pikiran dan pandangan bahwa kehidupan dan kenegaraan Indonesia saat ini telah menyimpang dari cita-cita nasional dan dari nilai-nilai dasar yang telah disepakati pendiri bangsa.

Berikut adalah isi jati diri KAMI:

1. KAMI adalah gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. KAMI berjuang dan bergerak untuk melakukan pengawasan sosial, kritik, koreksi, dan meluruskan kiblat bangsa dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan.

3. KAMI berjuang dengan melakukan berbagai cara sesuai konstitusi, baik melalui edukasi, advokasi, maupun cara pengawasan sosial, politik moral, dan aksi-aksi dialogis, persuasif, dan efektif.

4. KAMI sebagai koalisi rakyat dengan latar belakang kemajemukan agama, suku, profesi, dan afiliasi politik, menjunjung tinggi kemajemukan, kerukunan, dan kebersamaan. Pandangan dan sikap KAMI adalah perwujudan dari hal-hal yang dapat disepakati.

5. KAMI mempunyai pandangan dan sikap resmi yaitu yang disepakati secara tertulis oleh dewan deklarator. Di luar itu merupakan pandangan dan sikap pribadi deklarator, atau jejaring pendukung KAMI di pusat, daerah, dan luar negeri.

Berita Terbaru