Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kamala Harris: Trump Akan Bermain Kotor Selama Pilpres Amerika

  • Oleh Teras.id
  • 17 Agustus 2020 - 23:59 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Calon Wakil Presiden Amerika, Kamala Harris, memprediksi inkumben Donald Trump akan bermain kotor selama Pilpres Amerika. Hal tersebut mengacu pada pernyataan Donald Trump pekan lalu yang menduga Kamala Harris tidak lahir di Amerika sehingga tidak pantas menjadi cawapres.

"Mereka akan berupaya mengalihkan perhatian kita dari isu sebenarnya yang berdampak terhadap rakyat Amerika. Saya memprediksi mereka akan bermain kotor dan kami siap," ujar Kamala Harris pada Ahad kemarin, waktu Amerika, 16 Agustus 2020.

Kamala Harris, sebagaimana diketahui, bukanlah warga Amerika kaukasian. Ia lahir dari keturunan Afrika dan India, menjadikannya double minority di Pilpres Amerika kali ini. Oleh Donald Trump, hal tersebut ia kemas menjadi isu soal kewarganegaraan Kamala Harris.

Donald Trump tidak terang-terangan menyebut Kamala Harris bukan warga Amerika, tetapi dengan meminjam pernyataan orang lain yaitu John Eastman, professor dari Chapman University. John Eastman, dalam artikel di Newsweek, menduga Harris tidak lahir di Amerika mengingat ayahnya dari Jamaika dan ibunya dari India.

"Saya dengar dia tidak memenuhi syarat (untuk jadi cawapres). Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, nanti saya cek," ujar Donald Trump yang menyebut John Eastman adalah figur yang qualified.


Faktanya, Kamala Harris lahir dan besar di Amerika. Walau ayahnya dari Jamaika dan ibunya dari India, Kamala Harris lahir di Oakland, California. Walau begitu, hal tersebut tidak menghalangi Donald Trump membawa isu kewarganegaraan dan tempat kelahiran. Ia sudah pernah melakukannya di zaman Presiden Barack Obama.

TERAS.ID

Berita Terbaru