Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KNPI Kapuas Semarakkan HUT Kemerdekaan RI Sekaligus Kenalkan Potensi Wisata di Pulau Kupang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Agustus 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kapuas bersama Disbudpora menyemarakkan kemerdekaan dengan pengibaran bendera merah putih sekaligus mengenalkan potensi wisata di Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh.

Untuk mencapai lokasi atau pulau tersebut, pihaknya menggunakan kelotok atau kapal mesin berukuran kecil sembari melihat hewan permata borneo yakni Bekantan, sekaligus menikmati wisata susur sungai

"Pengibaran bendera sudah dilakukan kemarin, bertujuan untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, sekaligus wisata susur sungai," kata Ketua KNPI Kabupaten Kapuas, Irfan, Selasa, 18 Agustus 2020.

Irfan membeberkan, alasan kenapa memilih lokasi kegiatan di Pulau Kupang, karena tempat tersebut memiliki potensi wisata. Terlebih, di pulau itu terdapat populasi Bekantan.

"Kami saksikan bersama, tadi di pulau tersebut terdapat (hewan) Bekantan. Sehingga kami berkeyakinan, jika ini dikelola akan menjadi alternatif destinasi wisata, ekowisata, bagi warga Kapuas khususnya," tutur Mantan Ketua HMI Kapuas ini.

Dia menambahkan, meski populasi Bekantan juga terdapat di daerah lain seperti Batanjung dan Kapuas Barat, namun untuk efesiensi dan efektivitas di Pulau Kupang lebih bagus. 

"Karena jarak tempuh dari Kota Kuala Kapuas Kupang lebih pendek, dan tidak jauh dari sana juga terdapat situs Kuta Bataguh," katanya

Untuk itulah pihaknya berharap hal tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah daerah melalui instansi terkait.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, H Suparman mengatakan, Pulau Kupang akan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan diperkenalkan dengan ikon Bekantan-nya.

"Jika dikembangkan Pulau Kupang ini akan mampu mengimbangi tempat wisata Pulau Kembang di Banjarmasin," ucap Suparman. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru