Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gunung Mas Setujui Usulan 2 Raperda Jadi Perda

  • Oleh Hendra
  • 18 Agustus 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - DPRD Gunung Mas menyetujui 2 Raperda yang diusulkan pemerintah kabupaten saat rapat paripurna sebelumnya menjadi sebuah Perda. Yakni Raperda Perubahan Keempat Atas Perda Nomor 5 Tahun 2009 tentang Penyertaan Modal Pemerintahan Daerah kepada Perusahaan Daerah Gunung Mas Perkasa dan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah.

Persetujuan berita kedua Raperda ini dibuktikan dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama antara Bupati Gunung Mas dan DPRD saat rapat paripurna, Selasa 18 Agustus 2020.

Dalam sambutannya bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD karena sudah menyumbangkan pikiran, tanggapan, dan saran.

"Kepada kepala perangkat daerah terkait dengan kedua Raperda yang telah disetujui pada hari ini saya minta khususnya Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah perlu disosialisasikan kepada seluruh pihak, sehingga Perda ini bisa dilaksakan guna pengelolaan keuangan daerah di tahun berikutnya," ucapnya.

Dia mengatakan ke 2 Raperda yang telah disetujui bersama merupakan hasil nyata yang dicapai melalui kerja sama, kesungguhan dan saling pengertian yang dilandasi hikmat kebijaksanaan dalam musyawarah untuk mufakat seluruh pihak.

"Ini membuktikan dinamika proses yang ada saat proses pembahasan bersama DPRD sesuai amat Pasal 148 dan Pasal 149 UU Nomor 23 Tahun 2014," jelasnya.

Dalam UU ini DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang memiliki fungsi pembentukan peraturan daerah kabupaten, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

"Oleh sebab itu dengan budaya betang dan semangat Habakalan Penyang Karuhei Tatau, kedepannya kita tingkatkan koordinasi dan kerja sama yang baik antara legislatif dan eksekutif sebagai wujud pelaksanaan asas demokrasi demi meningkatkan kemakmuran masyarakat," pungkasnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru