Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa UPR Diajari Cara Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 18 Agustus 2020 - 23:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Aipda Toha menggalang sejumlah mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang sedang kuliah kerja nyata atau KKN.

Mereka dibekali pelatihan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pelatihan ini berlangsung di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya.

"Hari ini kami melatih cara penanganan Karhutla kepada mahasiswa yang merupakan generasi muda penerus bangsa,” kata Toha saat melakukan pelatihan bersama rekannya dari Bhabinsa dan TSAK Menteng, Selasa 18 Agustus 2020.

Para mahasiswa dibekali pelatihan dalam penanggulangan Karhutla dengan mengggunakan peralatan lengkap pemadam. 

Toha mengatakan memadamkan kebakaran lahan di tanah gambut tidak mudah. Sebab api merambat hingga ke bagian dalam, oleh karena itu harus menggunakan penyemprot bertekanan tinggi dan persediaan air yang banyak.

Selain dibekali penanganan Karhutla,  dia juga mengingatkan para mahasiswa agar dapat menjadi pelopor dari generasi muda untuk mencegah terjadinya karhutla di Palangka Raya.

“Kalian adalah harapan kami untuk meneruskan perjuangan menjaga Bumi Tambun Bungai dari karhutla dan bencana kabut asap, oleh karena itu mulailah persiapkan diri dan tanamkan kecintaan terhadap kota kita ini,” tutupnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

Berita Terbaru