Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Pulang Pisau Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan dengan Tanaman Lokal

  • Oleh James Donny
  • 19 Agustus 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan atau pekarangan dengan tanaman lokal. 

"Manfaatkan lahan yang kosong agar ditanam dengan sayur-sayuran serta tumbuhan yang dapat dikonsumsi sehari-hari," kata Pudjirustaty Narang usai mengikuti konferensi video Pelaksanaan Diversifikasi Gerakan Pangan Lokal bersama Menteri Pertanian RI, Rabu, 19 Agustus 2020.

Hal tersebut juga untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu Indonesia menghadapi resesi ekonomi karena dampak dari pandemi covid-19.

"Mudah-mudahan kita tidak terlalu terdampak, karena kita sudah siap dan untuk kebutuhan pokok kita juga aman," harapnya. 

Pudjirustaty Narang menambahkan, kendati demikian langkah-langkah antisipasi tetap harus dilakukan.

"Kita harus sediakan payung sebelum hujan. Manfaatkan pekarangan, apalagi kita di Kabupaten Pulang Pisau ada banyak lahan kosong yang dapat dimanfaatkan," katanya. 

Demikian juga untuk tanaman sumber karbohidrat pengganti nasi, seperti singkong yang mudah tumbuh di Pulang Pisau. 

"Pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk sama-sama membudidayakan tanaman pangan di pekarangan kita," himbaunya. 

Terkait dengan upaya diversifikasi gerakan pangan lokal dari Pemerintah Pusat, Pemkab Pulang Pisau menyambut baik dan mendukung program tersebut untuk dapat dilaksanakan di daerah. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru