Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau dan FKPD Tanam Bibit Buah di Ponpes Izharul Ulum

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Agustus 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana bersama Wakil Bupati Riko Porwanto, unsur FKPD, dan TNI Polri menanam bibit buah-buahan di Pondok Pesantren Izharul Ulum, Jalan Yos Sudarso, Desa Kujan, Kecamatan Bulik, Rabu 19 Agustus 2020.

Bibit buah-buahan yang di yang ditanam itu berasal dari Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai dan  Hutan Lindung (BPDASHL) Kahayan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatannya, Hendra Lesmana juga mengapresiasi bantuan 20 ribu bibit aneka buah-buahan dari BPDASHL Kalteng yang langsung diserahkan ke masyarakat. Menurutnya, program tersebut membantu pemkab dalam upaya mencari terobosan tanaman produktif selain sawit. 

"Perekonomian masyarakat Lamandau yang masih bertumpu dari hasil perkebunan kelapa sawit. Dan harus mulai ada terobosan-terobosan guna menggali potensi yang ada, salah satunya dengan menanam tanaman produktif selain sawit. Sehingga ke depan masyarakat tidak hanya bergantung pada satu komoditi saja," kata Hendra Lesmana.

Tidak hanya untuk ditanam di pekarangan rumah atau kebun milik masyarakat, bantuan bibit tanaman buah yang berasal dari BPDASHL Kahayan Kalimantan Tengah itu juga digunakan untuk penghijauan di tempat pendidikan, salah satunya di Pondok Pesantren Izharul Ulum.

"Tanaman buah-buahan ini kelak akan dinikmati oleh para santri yang belajar di ponpes ini," kata Hendra Lesmana.

Sementara itu, Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto mengatakan, tanaman buah-buahan dapat memberikan manfaat untuk dikonsumsi sekaligus penghijauan. 

"Pohon-pohon yang rimbun juga memberikan kesejukan saat cuaca panas, sehingga para santri akan betah berada di ponpes ini," ungkapnya.

Penghijauan di Pondok Pesantren Izharul Ulum desa Kujan itu merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI dan HUT ke 81 Kecamatan Bulik. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru