Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Selatan Vidcon dengan Kementerian Pertaian dan Pemprov Kalteng Bahas Gerakan Disferivikasi Pangan Lokal

  • Oleh Uriutu
  • 19 Agustus 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atiany Djoedir mengikuti video conference (Vidcon) dengan Kementerian Pertanian dan Pemprov Kalteng untuk membahas disverifikasi pangan lokal, Rabu, 19 Agustus 2020.

Dalam kegiatan ini Wakil Bupati didampingi Sekda Barsel, Eddy Purwanto, Kepala DKPPP, Dekma dan Disdagkop dan UKM serta beberapa SOPD terlebih dulu Vidcon dengan Kementan dan setelah itu baru dengan Pemprov Kalteng.

Aty Djoedir mengatakan di tengah pandemi COVID-19, tidak hanya menangani masalah kesehatan, namun juga terkait pangan lokal harus disikapi dengan cepat dan efektif bagi masyarakat yang terdampak.

“Berdasarkan arahan Menteri Pertanian bahwa kenyang itu tidak harus dengan nasi, namun juga bisa dengan pangan lokal lainnya seperti umbi-umbian dan singkong,” katanya.

Untuk Barsel saat ini surplus pangan lokal seperti ikan, jagung dan nenas parigi dan ada 241 UMKM yang mengolah bahan pangan lokal.

Pihaknya mendukung program ini disverifikasi pangan local ini untuk terus dikembangkan di daerah, sehingga ketahanan pangan tidak berdampak saat pendemi seperti sekarang ini.

Sekda Barsel, Eddy Purwanto juga mendukung program dari pusat maupun dari provinsi. “Ke depannya kita melauli DKPPP akan intens memberikan pelatihan, bimbingan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait ketahanan pangan didaerah kita,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru