Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kata Bank Indonesia soal Perbedaan Ukuran Angka 75 dan 0 di Uang Pecahan Rp 75.000

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Agustus 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Uang Peringatan Kemerdekaan atau UPK baru dengan nilai RP 75.000 dengan ukuran angka 75 dan tiga angka 0 di belakangnya berbeda. Seolah-olah tiga angka 0 itu hampir tidak terlihat dan hanya angka 75 yang dominan, seperti redenominasi. Terkait hal ini, Bank Indonesia Kalimantan Tengah memberikan penjelasannya.

"Maksud dari beda ukuran angka itu sebenarnya jauh dari redenominasi. Tidak ada tujuan ke sana sebenarnya," kata Asisten Penyelia Perkasan, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Gusti Wahyu Hidayat, saat virtual meeting via zoom dengan awak media, Rabu, 19 Agustus 2020.

Menurut Wahyu, angka 75 tampak lebih ditonjolkan karena memang UPK ini diterbitkan spesial pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada usia 75 tahun.

"Karena ini murni untuk peringatan 75 tahun Republik Indonesia, makanya angka itu yang ditonjolkan. Jadi bukan bertujuan untuk meredenominasi rupiah atau ancang-ancang mau kesana," jelas Wahyu.

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dikeluarkan sebagai wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun, simbol memperteguh kebinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Sebenarnya, bukan baru kali ini saja pemerintah menerbitkan UPK melainkan ini sudah ke sepuluh kalinya. Dan tiga diantaranya diterbitkan dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Bank Indonesia pernah mengeluarkan UPK saat kemerdekaan Indonesia berusia 25 tahun, 45 tahun, dan 50 tahun. Jadi ini bukan pertama kalinya," jelas Wahyu lagi.TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru